Kres'a ayam krispy sambel bawang so good dengan menu gizi seimbang

Entah ada angin apa, malem-malem si suami minta dibuatin masakan. Agak bingung juga sih mau masak apa buat suami soalnya saya tipe emak-emak yang jarang di dapur ( Pliss, jangan bully  ), Tetapi sekalinya di dapur makanan habis tak tersisa, entah itu dibuang atau beneran dimakan..hehehehe. Pas buka-buka instagram, ngeliat gambar so good ayam potong di beranda, langsung deh kepikiran buat ayam krispy. Nah berikut bahan-bahan dan cara buatnya, gampang kok sambil merem juga jadi, hehehehe.

Ayam Krispy Sambel Bawang :

Bahan  Ayam Krispy:
- Ayam Potong So good 1 kg
-  3 sendok tepung krispy tambahkan air secukupnya (untuk baluran basah )
- 250 gr tepung krispy (untuk baluran kering )
- 1 bungkus cabe bubuk uk. 15 gr (optional )
- 2 siung bawang putih ( haluskan )
- 1 lt minyak goreng

Cara membuat Ayam Krispy :
- Siapkan So good ayam potong (sudah tidak beku)
- Bawang putih dihaluskan, tambahkan ke baluran basah.
- Tambahkan Cabe bubuk ke baluran kering
- Panaskan Minyak goreng
- Balurkan Ayam potong ke adonan basah, guling-gulingkan ayam
- lalu masukan ke dalam adonan kering, agak dipenyet - penyet sedikit sehingga adonanya menempel di ayam.
- lalu goreng hingga permukaan ayam tidak terlihat.
- Angkat setelah warna ayam kuning keemasan.

Gampang banget kan. Tapi kayanya ada yang kurang yah kalau masak ayam krispy aja, kering-kering gimana gitu, saya masak sayur asem untuk tambahan menu, lalu saya buat sambal bawang walaupun sudah ditambahkan bubuk cabe, rasanya masih kurang nikmat kalau belum ada sambel. akhirnya buatlah sambel bawang, trek,,kotek,,trek kotek, selesai. 

Taraaa... inilah wujud masakan saya..hehehhee

Tampilan atas Menu Sederhana dengan Sogood

Tampilan samping Menu Sederhana Ala So good

Sederhana sih memang, hanya ada nasi, ayam krispy (so good), lalu sayur asem, dan sambel, tak lupa ada pisang. Allhamdulilah, Suami makan dengan lahap, artinya emak-emak yang males masak ini berhasil...hehehhee. Tau gak sih,  Dari Menu  yang sederhana ternyata sudah memenuhi menu pitng gizi seimbang yang dibutuhkan tubuh kita. Pernah dengar enggak semboyan, 4 sehat 5 sempurna. Kalau ada yang lupa, saya coba jabarin yah

4 Sehat itu terdiri dari, 

1. Karbohidrat 
   Karbohidrat sendiri bisa di dapatkan dari nasi, kentang, jagung, sagu, gandum, umbi-umbian, dan singkong. 

2. Protein
    Protein sendiri terbagi 2 yaitu protein hewani, dan protein nabati
   Protein hewani bisa didapatkan dari lauk pauk yang biasa kita makan, contohnya : Daging sapi,  daging ayam, Daging Kambing, Bebek, Telur  dan Ikan. Sedangkan protein Nabati, bisa didapatkan dari kacang-kacangan, misal kacang kedelai yang dirubah menjadi tempe dan tahu.

3. Mineral dan serat
   Mineral dan serat bisa didapatkan dari sayur-sayuran, selain Mineral dan serat sayuran juga bisa berfungsi jadi antioksidan dan juga sistem imun untuk tubuh kita

4. Buah-Buahan
   Buah-buahan itu sumber vitamin, ada mineral , serat dan antioksidannya juga, siapa yang ga suka buah? Duh, rugi banget kalau sampe enggak suka buah. 

Nah kalau dilihat dari penjabaran diatas, dengan menu sederhana yang sudah saya buat, kira - kira sudah termasuk menu piring gizi seimbang  belum ya? sudah termasuk makanan 4 sehat belum ya ? yuk kita cek

1.   Karbohidrat

    Untuk Karbohidrat saya menggunakan beras merah, kenapa saya memakai beras merah? bukan beras putih, apakah saya diet (hehehe)? Bukan rahasia umum sebenarnya kalau beras merah sering dijadikan alternatif untuk diet, kira - kira apa aja sih keunggulannya, dilansir dari Halosehat.com 

  • Beras merah mengandung serat yang tinggi dan mengandung karbohidrat sederhana sehingga mampu menambah energi, cepat kenyang karena asupan tidak lebih dari 330 kalori/hari. Beras merah memiliki indeks glikenik rendah dibadinding nasi putih. Indek glikenik menunjukkan seberapa besar gula yang diproduksi oleh darah. Semakin tinggi konsumsi beras merah, semakin indeks glikemik yang memperoduksi gula darah dan meningkatkan produksi insulin.
  • Beras merah juga mengandung anti dioksidan vitamin B6 yang menjaga kesimbangan hormon serotonin dan memproduksi sel-sel DNA, selebihnya beras merah dapat mengahalau kolesterol jahat.
2.  Protein

     Untuk Protein saya menggunakan So Good Ayam potong, kebetulan saya memilih Dada dan paha dalam satu kemasan. 
So Good Ayam Potong ( www.sogood.id)
So Good Ayam Potong ( www.sogood.id)


Look, Fresh banget kan ayamnya, potongannya rapih lagi, jadi gampang buat masaknya. Selain gampang dimasak dan enak, ternyata kandungan protein hewani itu sangat penting bagi tubuh, untuk menjaga kekebalan tubuh, pembentukan sel otot, dan penyeimbang kerja hormon.

Kenapa harus So Good Ayam Potong :

A. Kualitas Ayam terbaik Berdasarakan peternakan modern milik sendiri.
B. Melalui Pembiakan selektif 
C. Ayam yang dikembangkan dan diseleksi untuk : Mencapai pertumbuhan yang efisien, tidak mudah sakit, dan menghasilkan daging yang banyak.
D. Ayam tidak disuntik hormon
E. Pemotongan dilakukan di rumah potong ayam bersertifikat NKV
F. So Good ayam potong dijamin halal
G. Proses Pembekuan ayam yaitu individually quick frozen,
Proses pembekuan Ayam
H. Kualitas terjaga dari segi kesegeran, gizi, rasa dan kebersihan.

3. Mineral dan serat

Sebenarnya, sayur asem yang saya buat itu terdiri dari beberapa sayuran, ada jagung, melinjo, kacang panjang, daun melinjo, kacang tanah kupas, lalu ada pepaya sayur. Dilihat dari komposisi sayur asem, sudah terdapat karbohidrat, protein nabati, mineral, serat, serta vitamin. Sekali masak diborong semua gizinya. hehehee, keunggulan sayur apa aja sih :
  • Sumber serat yang baik ; mengkosumsi sayuran setiap hari dapat membantu pencernaan dan melancarkan pembuangan kotoran di dalam tubuh. Serat pada sayuran berfungsi menyerap air ekstra dalam usus sehingga dapat mencegah wasir dan sembelit.
  • Anti kanker: sayuran memiliki kandungan indoles yang merupakan zat pelindung anti kanker. Sayuran merupakan sumber antidioksidan bagi tubuh yang berfungsi mengurangi risiko kanker.
  • Protein dan asam amino: Asam amino banyak terdapat pada sayur-sayuran seperti bayam, dan kacang-kacangan. Asam amino berfungsi mengganti sumber protein yang hilang.
4. Buah - Buahan

Untuk Buah saya memilih pisang untuk menu kali ini, Buah ini memili banyak sekali manfaat yaitu, untuk penderita asma, diare, liver, anemia, untuk melancarkan peredaran darah, membantu pencernaan pada usus, menjaga kesehatan mata, dan untuk menormalkan fungsi jantung.

Kalau dilihat dari penjabaran satu persatu menu yang saya buat, ternyata menu yang saya buat sudah termasuk menu piring gizi seimbang
Nah udah tau kan sekarang, dari makanan yang sederhana aja jika pemilihan menu nya tepat, dengan kualitas yang terjamin, gizi yang didapatkan pun akan memenuhi tubuh kita, menjadikan tubuh kita sehat. 

Referensi : www.SoGood.id
                  



Share this:

CONVERSATION

2 komentar: