Pengertian Logika

           
  
Mungkin kalian sering mendengar istilah kalau laki-laki itu memakai logika, dan perempuan itu menggunakan hati, atau kalian pernah mendengar lagu dari agnes monica yang salah satu liriknya " Cinta ini, kadang - kadang tak ada logika "?, atau mungkin kalian pernah kenal seseorang teman kalian atau kalian sendiri tidak mempercayai hal mistis karena teman atau kalian berpikir tak masuk logika. 

Logika itu apa sih?? 

Pengertian dari bahasa yunani kuno logika itu kata dasarnya adalah logos dalam bahasa kita yaitu logis yang artinya dipertimbangkan dengan akal, diutarakan dengan kata lalu diungkapkan dengan bahasa. jadi Intinya sih yang dimaksud dengan logika itu, masuk diakal, tetap dalam jalur lurus.

contohnya kaya apa sih ? 

Misalkan kamu sedang lapar pasti yang kamu cari makanan kan untuk dimakan, logikanya seperti itu. Tetapi berbeda jika kamu sedang lapar, tetapi kamu malah update status " Saya Lapar " di semua social media seperti WA, BBM, Instagram buat insta story , lalu di facebook. Emang kalau bikin status itu kalian jadi kenyang ? kira-kira masuk diakal enggak, saya lapar lalu saya update status? 

Ada lagi satu contoh, ini sering saya alami selama saya mengajar. Logikanya Jika ingin nilai baik, maka harus rajin belajar agar pintar, logikanya benar kan ya. akan tetapi saya sering temui mahasiswa ingin nilai baik tetapi tugas tidak mengerjakan, jarang masuk, nilai uas 0, bagaimana? Apakah logika mahasiswa itu tepat ? atau salah ?

Logika pada contoh diatas mempunyai nilai benar dan salah atau biasa disebut pernyataan jika bernilai benar maka ( pernyataan itu benar ) jika bernilai salah ( maka pernyataan itu salah ), tetapi tidak mengandung unsur keduanya, pengertian tersebut biasa disebut dengan logika proposisi.

contoh soal !

yuk, kita tebak apakah kalimat dibawah ini merupakan proposisi atau bukan.

1. Ya Ampun, Kasian sekali korban yang terkena tanah longsor itu.
2. Hari kartini selalu diperingati pada tanggal 21 April.
3. Hasil dari 2 + 2 = 5.
4. Hasil dari 2x + 7 = 17
5. Tolong, tutup pintu itu.


Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment