7 obat tradisional ampuh atasi demam, flu dan batuk pada anak

Seorang ibu pasti sangat khawatir jika anaknya sakit, dari demam, flu, batuk, apalagi jika penyakitnya lebih dari itu. Begitu pula yang saya alami baru - baru ini, Anak saya tiba-tiba panas tinggi sampai  39.3, waktu itu sekitar jam 11 malam. lalu saya lihat ke kotak obat, persediaan obat panas si kecil habis. Antara bingung mau ke dokter sudah larut malam, sedih dan tidak tahu harus ngapain, tiba - tiba saya teringat kata-kata ibu saya, kalau anak panas coba parutan bawang merah, itu obat traditional yang ampuh atasi demam. Saya langsung ke dapur, untungnya bumbu dapur yang satu ini selalu tersedia. Lalu saya parut, dan saya oleskan ke badan anak saya dan tidak lupa saya kompres dengan air hangat, agar suhu tubuhnya tidak naik terus.

Bawang merah merupakan bumbu dapur yang pasti selalu tersedia di dapur para ibu, tidak hanya itu bawang merah merupakan obat tradisional yang ampuh atasi demam, dan flu pada anak. Hal ini sudah dipercaya dari jaman dahulu, sebelum ada banyak tenaga medis seperti sekarang. 

Tidak hanya bawang merah, bumbu dapur yang digunakan sebagai obat tradisional yang ampuh atasi demam dan flu, Ada rempah-rempah seperti kunyit dan kencur. Selain bumbu dapur, ada juga daun-daunan, sayuran, dan minyak yang terbukti ampuh menjadi obat tradisional untuk atasi demam, flu, dan batuk pada anak. 

berikut 7 obat traditional yang ampuh obati demam dan bapil pada anak :

1. Daun Cocor Bebek

    Orangtua kita mungkin tidak asing dengan salah satu obat tradisional yang ampuh atasi demam yang dikenal dengan daun cocor bebek, daun yang mempunyai bentuk yang unik dan tebal ini, mempunyai nama latin kalanchoe pinnata ini memiliki banyak kandungan zat herbal yang dapat menurunkan demam pada anak.

Caranya : Daun cocor bebek dimemarkan dengan cara ditumbuk lalu tempelkan pada kening si anak.





2. Daun Saga
    Daun saga bisa menjadi obat tradisional yang ampuh untuk mengobati demam yang disebabkan radang tenggorokan serta batuk kering pada anak, daun saga sendiri mengandung protein, vitamin, serta kalsium yang tidak hanya dapat menurunkan  demam dan mengurangi batuk pada anak, tetapi daun saga juga bermanfaat untuk penyakit lainnya, seperti hipertensi, sariawan, panas dalam, bronkhitis.

caranya : tumbuk sejumput daun saga lalu tambahkan sedikit air, ambil sarinya lalu minumkan pada anak.



3. Bawang merah

Siapa yang tidak kenal si bawang merah, salah satu bumbu favorit mommy yang selalu hadir mengisi dapur mommy ini ternyata punya segudang manfaat lho mom, tidak cuma sebagai penyedap masakan tetapi bawang merah merupakan obat tradisional yang ampuh mengobati demam dan batuk pilek pada anak.

Caranya : Parut 3 buah bawang merah, tambahkan 1/2 sendok makan minyak panas, lalu campur keduanya, setelah sedikit hangat, balurkan campuran tadi ke badan anak.


4. Kencur

    Kencur sudah dikenal sejak dulu sebagai obat tradisional untuk mengobati batuk dan pilek pada anak, kandungan yang tedapat pada Kencur yaitu, pati, mineral, dan minyak atsiri yang mampu membuat hangat badan dan dapat mengusir batuk pada anak.

caranya : Parut 1 ruas kencur lalu tambahkan sedikit air panas, diamkan hingga dingin. Setelah dingin minumkan pada si kecil.





5. Minyak Kelapa

Minyak kepala dari dulu dipercaya untuk menghangatkan badan pada bayi, dan dipercaya dapat menghilangkan demam dan flu pada anak. Tidak hanya sebagai obat demam, namun minyak kepala bisa menyembuhkan ruam kulit pada bayi, dan membuat kulit menjadi halus dan lembut.

caranya : usapkan perlahan pada dada anak dan ditelapak kaki.


6. Kunyit

Tak hanya kencur, salah satu rempah yang menjadi obat tradisional untuk atasi demam dan flu pada anak, Kunyit ternyata juga bisa dijadikan obat demam dan flu pada anak, kandungan yang terdpaat pada kunyit salah satunya minyak atsiri dipercaya mampu menghangatkan badan bayi dan anak.

Caranya : Parut 1 ruas kunyit lalu tambahkan sedikit air panas, tunggu sampai dingin, bisa tambahkan madu , lalu minumkan pada anak.



7. Timun ( cucumber )


Timun yang bahasa inggrisnya cucumber, bahasa sundanya bonteng ini mempunyai kandungan air yang banyak, tidak salah jika Timun ini sering dijadikan bahan untuk produk kecantikan seperti Masker, karena berfungsi untuk melembabkan kulit, tetapi kehebatan timun ini tidak sampai disitu, untuk kesehatan pun timun berfungsi sebagai penurun demam.


Caranya : Parut 1 buah timun lalu taruh di kening si anak, jika sudah agak kering ganti dengan parutan yang baru.


Nah itu mom, 7 obat tradisonal yang ampuh atasi demam, flu, dan batuk. yang biasanya saya gunakan ketika si kecil sakit. Kadang kalau si kecil bisa demam tiba-tiba, coba deh mom pakai obat tradisional terlebih dahulu, selain ampuh, obat tradisional juga tidak menimbulkan efek samping karena alami dan tidak mengandung zat kimia.

Semoga bermanfaat  ☺☺


Share this:

,

CONVERSATION

10 komentar:

  1. Zaman sekarang segelintir orang aja yg pake traditional ya...pdhl pake traditional pengobatan teraman dr zat2 kimia lainnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bund, mungkin pengennya ga repot x y bund, sya juga kdg bgtu soalnya..hehe

      Delete
  2. Wah ternyata bumbu di dapur ada khasiatnya juga buat demam dan bapil anak......aku taunya obat2an terus...bisa dipraktekin nih, secara akhir2 ini cuaca sedang tidak menentu, menyebabkan anak2 terserang bapil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy bund.. untung bumbu dapur punya segudang manfaat ya..hehehe

      Delete
  3. Ternyata bisa pake timun ya. Baru tau aku, nice tips btw. Thank you :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bu, kadang anak saya ..saya pakein timun kalau lagi panas

      Delete
  4. wah makasih banyak muna infonya...cocok2...bahannya mudah..ada di dapur

    ReplyDelete
  5. Kalau kencur iya, pernah baca dan pernah dibuatin sambel kencur. Tapi kalau mentimun baru denger, nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu resep dari mertua saya mba... saya juga pertama kaget kok pke timun, tyt ampuh juga mba

      Delete