Imunisasi, Kenapa Tidak !

Assalamualaiku Wr.Wb.

Hai para mommy-mommy, minggu lalu anak author demam dikarenakan habis suntik imunisasi Difteri, Allhamdulilah Raizel dapet semua imunisasi yang di mulai dari BCG, DPT 123, lalu campak, Rubella dan terkahir difteri (DPT ulangan ).
menurut mommy - mommy penting ga sih imunisasi itu? dampaknya bagaimana kalau anak kita ga imunisasi ?
jujur ya mom, kata mama saya..kalau saya dari kecil ga pernah imunisasi, dikarenakan dulu mungkin ga penting - penting banget kali ya, hehehehe, terus makanan orang dulu sama makanan orang sekarang kan beda ? eits jangan nething dulu ya, pas author kecil, author ga pernah makan yang namanya ciki, makan junkfood, yang author makan cuma masakan emak tercinta, kelezatannya tiada duanya ( mungkin emak author dulu ngirit kali ya, hehehehe ), mungkin karena makanannya udah pasti dijamin sehat, ga ada penyakit macem - macem kaya sekarang, paling sering paling masuk angin, batuk sama pilek ya mom,  makanya ga perlu lagi imunisasi.

itu jaman author bayi ya... lain dulu lain sekarang, mungkin sudah banyaknya virus yang menyebar maka diharuskan para bayi untuk melakukan imunisasi. agar si baby dapat terhindar dari penyakit infeksi yang berbahaya.



dari buku baby yang author dapet dari Rumah sakit, author akan menjelaskan mengenai Imunisasi, dari arti serta penyakit - penyakit yang bisa dicegah. chek this out.

  1. BCG  : Optimal diberikan umur 2 sampai 3 bulan . Penyakit : TBC ( Tuberkulosis ) atau biasa disebut paru - paru. penyakit ini sangat menular. penularannya melalui pernafasan, percikan ludah waktu bersin, batuk atau berbicara. BCG perlu diulang : umur 5 tahun ( masuk SD, 10 tahun atau tamat sd)
  2. DPT ( Difteri, Pertusis, Tetanus ) : di jadwal imunisasi, DPT I umur 2 bulan, DPT 2 umur 4 bulan, DPT 3 umur 4 bulan, tapi kembali ke dokter anak masing - masing ya mom, soalnya raizel sendiri umur 4 bulan sudah selesai sampai DPT 3. Penyakit yang di cegah : Difteri ( radang tenggorokan yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian anak hanya dalam beberapa hari saja ). Pertusis ( penyakit radang pernafasan (paru) yang disebut juga batuk rejan atau batuk 100 hari, karena batuknya bisa sampai 3 bulan atau 100 hari. Tetanus ( penyakit kejang otot seluruh tubuh dengan mulut terkancing tidak bisa dibuka.
  3. Polio : Diberikan pada saat akan pulang dari rumah sakit atau rumah bersalin. Penyakit yang dicegah : polio atau poliomielitis yaitu suatu penyakit radang yang menyerang saraf dan dapat menyebabkan lumpuh kedua kaki. walaupun dapat sembuh tetapi akan pincang seumur hidup.
  4. Campak : diberikan kepada bayi umur 9 - 14 bulan. penyakit yang bisa dicegah : Campak yang nama lainnya Tampek ( betawi ), Gabegan ( Jawa ), Mazelan ( belanda ), Measles(inggris ) Morbili (Latin) adalah suatu penyakit yang sangat berbahaya untuk bayi dan anak karena sering disertai komplikasi bronkhopneumonia radang otak, diare yang banyak menyebabkan kematian pada bayi dan anak.
imunisasi diatas adalah imunisasi yang wajib ya mommy - mommy sampai  campak, kalau ada imunisasi yang author ga dimasukan, author mohon maaf, mungkin author lupa...hehehhe

nah dari penjelasan author yang di dapat dari buku si baby, bahwasanya imunisasi itu sangat penting lho mom, mommy - mommy ga mau kan anaknya atau baby nya kena penyakit yang author sebutin diatas, semoga jangan sampe ya mom. kan ada pepatah mengatakan mencegah lebih baik dari pada mengobati. untuk biaya jangan takut ya mom, karena pemerintah sudah mewajibkan artinya pemerintah juga sudah menggratiskan vaksin - vaksin tersebut dan tersebar diseluruh puskesmas di indonesia, inget ya mom hanya di puskesmas, kalau dirumah sakit beda lagi ceritanya..hehehhee.

ok, sampai sini dulu ya mom sharingnya. semoga bermanfaat buat mommy - mommy sekalin. hatur nuhun.

Wassalamualaikum Wr.Wb.







Share this:

CONVERSATION

20 komentar:

  1. Imunisasi emang penting yaaa, supaya anak lebih tahan penyakit dan gak gampang sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti sedia payung sebelum hujan ya bund, hehehe

      Delete
  2. Yup emang penting banget.. dan jangan lupa bun ada ulangannya sampai umur 10 tahun dan ada beberapa imunisasi yg ulanganya sampai remaja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. masih ada ya.. ok.. aq cari tau lagi .. mksih mom infonya

      Delete
  3. Aku dulu sudah makan cikiii...hahahaha
    Makan masakan emak juga...imunisasi jg..cuma ga ada burger dlu..junkfood ga makan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aq dulu ga imunisasi mom..hiks....makanya badannya ringkih..sering masuk kerumah skit dulunya

      Delete
  4. Alhamdulillah anakku imunisasi lengkap...

    ReplyDelete
  5. Alhmdulillah mba imunisasi anaku lengkap, mesjipun ada aja yang bilang jenis imunisasinya terlalu lebay, karna dibidan ga sekomplit itu

    ReplyDelete
  6. Yeaaaay anak aq lengkap imunisasinya

    ReplyDelete
  7. memang suka ada perdebatan mun, masalah imunisasi atau ga, tapi klo aku skrg tipe yang perlu imunasisasi, krna secara hukum masuknya seperti berobat dikarenakan tadi virus atau cara penularan yang mudah menyebar. semoga anak2 kita pada shat smua ya mun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin... smpet rame kan gara2 ada artis ga imunisasi terus anaknya skit dan si dokter posting di akunnya.. huft.

      Delete
  8. Yess imunisasi memang penting banget. Ini adalah salah satu ikhtiar kita untuk melindungi anak-anak kita dari serangan penyakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. yupz..basmi penyakit dengan imunisasi..hehhee ( lebay.modeon)

      Delete
  9. Apapun pilihannya,yang jelas kita sebagai ibu inginkan yang terbaik untuk ananda...

    ReplyDelete