first walking si baby.





Assalamualaikum Wr. Wb

anak itu anugrah ya mom, kita belajar banyak hal, contohnya kesabaran. Sabar itu susah lho mom, pernah ga mom pergi ke pasar, banyak mommy - mommy yang ngomel gara - gara penjualnya lelet? pasti langsung ditinggal pergi gitu aja. itu ga sabaran ya mom namanya..hehehe. 

Tapi mom author yakin - seyakin yakinnya ( mpe 3 x yakin ya mom ) kalau sama anak sabarnya mommy tiada batasanya, sabar ngadepin anak yang aktif, dan sabar ngadepin anak yang kurang aktif ditambah tetangga yang kadang ngomongnya suka nyelekit ya mom, ngebandingin anak kita sama anak tetangga, hehehhehe. 

ok well pernah suatu hari anak author dibandingin sama anak tetangga yang terpaut 3 bulan, Anak author baru 9 bulan, dan si A ( anak yang dibandingin ) 1 tahun. Intinya sih Kok Si A udah jalan dari 10 bulan, kok raizel belum bisa. author sih tadinya ga ambil pusing, soalnya author yakin, nanti juga anaknya bisa sendiri. akan tapi waktu ngeliat seumuran anak author walaupun beda 1- 2 bulan sudah bisa jalan, author pengen banget ngeliat anak author jalan, dalam hati author lucu kali ya, sekecil itu tralalak-trililik ( jalan kesana - kemari ). 

author mah langsung cari cara supaya anak author bisa jalan..hehehhee 
contohnya dikasih stimulasi , pertama author tuntun - tuntun terus anak author pagi pas ada matahari sampai jam 7, karena jam 8 author harus pergi kerja. malemnya juga gitu, lama - lama si baby mulai merambat sendiri, lalu author tuntun si baby menggunkan satu tangan, awalnya sih sering mau jatuh, tapi lama - lama dy terbiasa dengan satu tangan, lalu dy mulai melangkah step by step , walaupun baru 3 langkah, air mata author keluar, terharu mom, baby author yang tadinya dalam perut cuma bisa nendang - nendang, sekarang bisa berjalan walaupun baru 3 langkah. 

setelah author dapet hadiah dari si baby, author masih di uji nih mom ga lama habis si baby jalan, si baby demam dan harus di rawat, setelah pulih si baby gamau jalan sama sekali dy mau'a terus merangkang , huft, mungkin author masih harus bersabar ya mommy, atau author yang ga sabaran..hehehe baby 9 bulan di paksa jalan , tetapi author ga patah semangat. author akan ajari si baby lagi buat berjalan , hohohoho, yang penting cara itu sudah berhasil, dan author cukukp ulangi - stimulasi yang author kasih buat si baby.

 oia mom nih author bagiin latihan stimulasi yang author dapet dari buku karya Nurul Chomaria, S.PI .

1. Latihan mengangkat kepala si baby, pada saat tengkurap. Caranya :
  • tengkurapkan bayi, mommy disampingnya
  • beri ketukan lembut pada punggung atas si baby hingga kepala si baby terangkat.
  • lakukan selama 2-3 menit, 2x sehari.
2. Latihan berguling dari posisi telentang, Caranya :

  • bayi telentang, pegangi pada kaki kanan kirinya.
  • gerakan salah satu kaki memutar, menyilang kaki yang lain sehingga bayi tengkurap.
  • lakukan 2-3 menit, 2 kali sehari.
3. Latihan duduk baru tengkurap, Caranya :
  • Bayi tengkurap, pegangi bagian kanan dan kiri panggulnya.
  • Berikan tarikan pada panggul ke gerakan duduk.
  • Lakukan 2 - 3 menit, 2 kali sehari.
4. Latihan mempertahankan posisi duduk tegak, Caranya :
  • posisikan bayi duduk di depan ibu, pegangi kedua bahunya dari atas.
  • beri tekanan lembut pada kedua bahunya ke arah bawah.
5. Latihan Berdiri, Caranya :
  • Posisi bayi duduk, pegangi kedua lengannya dari depan.
  • beri tarikan pada kedua lengannya ke arah depan atas sehingga bayi berdiri.
nah itu beberapa stimuasi buat latihan si baby, kalau si baby dalam masa perkembangannya belum menunjukan tanda - tanda yang seharusnya si baby lakuin. sebenrnya kalau di liat dari tumbuh kembang yang author dapet dari blackmores, raizel belum seharusnya berjalan. akan tetapi karena tumbuh kembang anak - anak disini cepat, jadi raizel disebut terlambat. coba mom liat pada selebaran di bawah ini. 


biasanya si baby berjalan pada umur 12 bulan. so, buat mommy - mommy kalau anaknya di bilang tumbuh kembangnya terlambat jangan berkecil hati y mom, saya yakin setiap anak itu spesial, mungkin si baby belum bisa berjalan tapi sudah pintar bicara. kita tidak akan pernah tau apa yang akan di lakukan si baby, tetapi apapun hal pertama yg yang si baby lakukan itu hadiah dari si baby untuk kita. 



Share this:

CONVERSATION

6 komentar:

  1. Setiap anak itu unik ya, ga harus dibanding2in sama anak lain. Walau kadang memang orang lain pasti komentar terus tentang kondisi anak kita.

    ReplyDelete
  2. Our chid is very special no matter what.. aku cuma punya pegangan itu aja. kalo ada orang lain ngomongin yang jelek tentang anak2 kita atau membanding2kan anak2 kita angap aja sbg motivasi

    ReplyDelete
  3. wah sebegitunya ya worry nya jadi ibu...kebetulan aku suka main anak tetangga mun usia 10 bulan, bisa tuh insya Allah aku praktekin, makasih ya mun infonya...:)

    ReplyDelete
  4. Pengalaman yang sama denganku ini. Anak-anak yang lain sudah berjalan umur 11-12 bulan bahkan ada yg masih 9 bulan sdh bisa jalan, sedangkan anakku 15 bulan baru bisa jalan.Gigi anakku juga baru tumbuh umur 11 bulan. Pertamanya sih worry tapi lama-lama aku nyantai saja pertumbuhan & perkembangan tiap anak kan berbeda2

    ReplyDelete
  5. Mamanya semangat banget ya, rajin stimulasi anak, kalau saya mah kadang suka cepet capek, jadi yah semua anakku berkembang dgn sendirinya aja, alhamd. Juga ga telat setiap perkembangannya

    ReplyDelete
  6. Aq mah berjalan apa adanya aja perkembangan anak kan beda beda

    ReplyDelete