Bayiku Tiba-Tiba Demam, What Should I do ?

Assalamualaikum Wr.Wb.

Hallo mommy - mommy yang kece, sebenernya author sempet bingung mau post apa hari ini, tapi tadi author liat, ada temen author yang anaknya demam, jadi author jadi pengen bikin tulisan tentang demam , soalnya author pernah ngalamin juga mom, anak tiba - tiba panas bahkan sampe 41 derajat celcius, semoga anaknya temen author cepet pulih ya mommy, Aminn.



ceritnya gini mom,

sore hari sekitar jam 4, baby author baru bangun dari tidur lelapnya, lalu author timang kan anaknya, kok anget yah badannya, author tanya sama mama author, mama author bilang mungkin karena bangun tidur, ok author tetap berpikir positif yah, tapi kok makin lama demamnya makin naik, akhirnya author cek pakai termometer y mom, Astaghfirullah author spontan kaget mom, panasnya 38.9 derajat, duh ga bisa di biarin kan ... tadinya author bingung harus ngapain, untungnya author pernah baca buku tentang Gangguan yang sering dialami bayi yang ditulis oleh Nurul Chomariah S,Psi, salah satunya yaitu demam mom,

sebelum membawa baby kedokter ada beberapa hal yang perlu dilakukan , atau biasa disebut pertolongan pertama :


  • Longgarkan pakaian, jadi mom kalau baby lagi demam jangan di lapisi oleh banyak kain mom, misal pakai baju + sweater + kain, jangan ya mom karena takut mengganggu proses penguapan panas tubuhnya, dan suhu tubuh malah jadi meningkat mom.

  • Kompress, jadi kita kompress dulu mom menggunakan handuk kecil dengan air hangat terlebih dahulu, tambah kehangatan kalau panasnya meningkat ya mom, kan sering ya mom yang memberikan masukan kompresnya pake air dingin, padahal hal tersebut akan mengerutkan pembuluh darah baby, akibatnya panasnya ga keluar, terus si baby malah menggigil mom.

  • jika baby minum asi ( khusus untuk anak asi , bukan anak sufor ya mom ), sering - sering disusui mom, masuknya cairan banyak , lalu dikeluarkan lagi melalui urine, ini efektif untuk menurunkan suhu tubuh.
Author lakuin mom hal-hal diatas, tapi Author tetap bawa si baby ke dokter karena panasnya tak kunjung reda, selama perjalanan Author meng-ASI-in terus si baby, biar panasnya ga terus meningkat. sebelum di bawa ke dokter author pun sudah memberikan si baby obat penurun panas supaya ga kejang mom, bahaya mom kalau si baby sampai kejang karena kalau tidak segera ditangani, si baby bisa terancam terkena retardasi ( pelambanan ) mental. dan parahnya bisa menyebabkan epilepsi, ini mom ciri - ciri kalau si baby kejang, chek this out ya.

ciri - ciri bayi kejang demam :

1. Kedua kaki dan tangan kaku, disertai gerakan-gerakan kejut yang kuat dan kejang - kejang selama 5 menit.

2. Bola mata berbalik keatas.

3. Gigi terkatup.

4. Muntah.

5. Tak jarang anak berhenti bernafas sejenak.

6. yang palin parah, anak tak sadarkan diri.

terus apa yang harus mommy - mommy lakuin untuk mengantisipisai, nih author jabarin satu - satu ya

1. para mommy ( orang tua ) harus selalu sedia penurun panas ( Harus dengan resep dokter ) 
2. Sedia termometer
3. segera beri obat penurun panas jika suhu si baby 37.5 derajat celcius.
4. jangan gunakan alkohol atau air dingin untuk menurunkan suhu tubuh anak yang sedang demam.
5. kompres dengan lap hangat
6. jaga hati agar tetap tenang namun waspada, jangan tinggalin si baby ya mom kalau lagi demam.

nah itu mom, buat kita jaga - jaga supaya baby demamnya ga sampai kejang. mommy - mommy pasti ngerasain kan, jangankan sampai kejang , baby demam, lemes apalagi sampe muntah, hati author ngerasa di iris - iris mom, sedih pake banget...hehehe..cengeng ya Authornya.
mungkin itu dulu ya mom, yang bisa author sharing kali ini, thanks for reading.
see u again.

Wassalamualaikum Wr.Wb


Share this:

CONVERSATION

21 komentar:

  1. jadi inget kalo anak demam bawaannya panik ama pgn nangis mlu heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bund sama...aq aja airmata udah keluar mulu kalau anak udah panas tinggi.

      Delete
  2. Aku juga sedia sanmol di rumah, kalau udah panas langsunh dikasih obat, dan kalau udah lebih dari sehari mau ga mau ke dokter, takut kejang soalnya.

    ReplyDelete
  3. mesti di save nih hehe..buat bekel kalau nnti puny anak...alhamdulillah..mantap..😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allhamdulilah, semoga cepet2 dapet mong2an ya.. jengnit

      Delete
    2. amin2 ya Allah..makasih byak doanya ya muna..salam sayang buat anakny ya 😘😍

      Delete
  4. aku ini ibu yang sering banget ngalamin anak yang sakit demam bun. Anak kedua yang sering. dari bayi sampai hari ini umur 8 tahun. bahkan sampai aku lagi nulis komen ini pun anakku yang kedua lagi sakit panas. padahal baru seminggu kemarin anakku yg ketiga sakit panas. dan baru mendingan pula. dan juga anakku yang kedua ini baru 2 mingguyang lalu jg sakit pans eh skrg sakit panas lagi. Ya allah.. tapi ya itu lagi2 kita emang harus sabar ya bun..

    sekedar tips tamabahan ya bun dari aku, semoga berkenan
    1. Kompres dengan handuk kecil menggunakan air panas dan letakan di ketiak. Kalo anaknya sdh agakbesar aku biasain berendam air hangat di bak kecil. biar semua anggota badannya teredam. gausah laama2 cukup 5-10 menit agak ekstrem emang sih. tp berhasil,. kalo ga yakin gausah ya bun. hehehe
    2. si anak / bayi digendong oleh ayahnya dalam keadaan telanjang dada, katanya sih ini utk mentransfer panas dr badan anak trus pindah ke badan bapaknya ga ush lama2 cukup 10-15 menit aja. oiya ini cuma berlaku utk anak ke bapakna aja. tidaj belaku anak ke ibunya. karena katanya di badan seoang bapak ada semacam aliran apa gt. aku juga lupa sih.dan alhamdulilah berhasil
    3. minum sari kurma atau susu bear brand. tapi ini untuk anak diatas 1 thn ya. dibawah 1 thn dilarangkeras utk minum sari kurma / madu.

    mgkn itu bun tambahan tips dr aku semoga bermafaat semoga bunda danj jagoan selalu sehat semua yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ilmu baru.. terima kasih bund.. untuk tambahannya...

      Delete
  5. Perlu di simpan nih, buat nanti klo anak tiba2 panas, jadi ga panik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy bund..hehhee.. soalnya suka tiba-tiba gtu demamnya

      Delete
  6. Emaknya juga harus kudu strong ya..biar sllu kuat jaga anak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah... itu mah kudu.. wlau sbenarnya hayati lelah.

      Delete
  7. Iyipz..bund..pertama dan utama mommy jangan panik...emang kerasa bangettvtuh..kalau anak udah sakit, suka gak tega..rasa-rasanya mending kita aja yang sakitnya...huhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bund..begtu pisan.. ga tega banget kalau anak sakit..mnding emaknya aja dh

      Delete
  8. Kalo anak sakit kadang saya suka bingung sendiri. Untungnya ada ibu yang suka bantu. Jadi ga begitu panik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allhamdulilah y bund, ada orang terdekat disamping qta

      Delete
  9. Makasih info serta tipsnya bunda :)

    ReplyDelete